Makassar dan Pekerja Anak

Hari ini, saya sekeluarga berekreasi ke suatu tempat wisata. Tapi, ceritanya bukan disini. Kejadiannya terjadi dalam perjalanan pulang. Kami singgah ke sebuah toko, ketika kami hendak menuju parkiran mobil. Kami didatangi dua orang anak yang masing-masing membawa sebuah kaleng yang bagian atasnya ada sedikit lubang untuk memasukkan koin/lembaran uang. Mereka mendekat dan bahkan sangat dekat dengan kami (berdirinya, bukan secara psikologis hahaha). Mereka seakan memaksa kami untuk mengisi kaleng yang mereka bawa sambil memasang muka memelas. Kamipun buru-buru masuk ke mobil dan berusaha menolak mereka. Mereka baru meninggalkan kami setelah kami semua masuk ke mobil dan benar-benar mengabaikan mereka.
Pembicaraan kami di dalam mobil pun berlanjut.
A: ahh, anak-anak itu mending kerja yang lain daripada meminta-minta uang.
saya: *hening
yang lain: iya, bener
A: mending kerja jadi pembantu aja
saya: trus sambil disekolahin
A: ahh, ngapain disekolahin. kerja aja.
B: diikutkan ujian paket aja
A: tidak usah. kerja saja
saya: tidak boleh begitu, itu namanya eksploitasi anak
A: ciie, orang sosial ngomong nih…
yang lain: *ketawa
saya: *hening
Kurang lebih, seperti itulah percakapan kami setelah bertemu dengan anak-anak yang meminta sumbangan itu. Mereka terlihat sangat sehat. Tetapi, entah mereka masih sekolah atau tidak. Sering kali saya dengar, anak-anak di panti asuhan disuruh untuk ‘door to door’ meminta sumbangan demi kelangsungan hidup panti mereka. Tidak sedikit juga, panti asuhan jadi-jadian yang memanfaatkan kepolosan anak untuk kepentingan pribadinya. Upah yang diberikan kepada anak sangat tidak manusiawi dan kebutuhan anak tidak terpenuhi.
Makassar, dengan segala aktivitas keseharian orang-orangnya. Terlihat dengan sangat jelas perbedaan si kaya dan si miskin. Si kaya tidak segan-segan menunjukkan kekayaannya dan si miskin hanya bisa “tangan dibawah”. Si kaya tidak lagi sensitif dalam melihat sekitarnya dan si miskin tidak menyadari kemampuan yang dimilikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s