birokrasi terlalu berbelit-belit

hmm..tenyata, birokrasi sangat berbelit-belit. pantas saja banyak masyarakat yang memilih berkerjasama dengan calo walaupun membayar dengan biaya yang mahal daripada mengikuti prosedur yang panjang dan berbelit-belit.

studi ekskursi. sebuah program dari jurusan Rehabilitasi Sosial STKS Bandung. saat ini masih tahap persiapan tetapi waktu yang digunakan sudah 4 minggu dan belum ada pergerakan yang pasti. hambatan utamanya adalah sub sistem-sub sistem yang terlibat dalam kegiatan itu. (yaa, maaf kalo ada yang tersinggung)…

belajar tentang demokrasi. yang saya tahu tentang demokrasi adalah setiap orang punya hak untuk mengemukakan pendapatnya. Selalu dikatakan bahwa Indonesia sedang belajar berDemokrasi. memang, di pemilihan-pemilihan pemimpin yang terjadi saat ini, demokrasi sudah berjalan. namun masih ada beberapa kegiatan yang dikatakan kita berdemokrasi, namun kenyataannya jiwa-jiwa Soeharto nya masih ada. Jiwa “nenek”nya masih dipelihara.

bukan sesuatu yang mudah berhadapan dengan mereka yang 100% masih “berteman” dengan Soeharto.

saya hanya ingin berbagi dengan teman-teman yang membaca tulisan ini. bahwa, kegiata studi ekskursi memang menyita banyak tenaga dan pikiran. Pemilihan lokasi tujuan dua kali..setelah ada lokasi yang akhirnya dipilih dengan suara terbanyak, muncul lagi berbagai perbincangan. muncul doktrin-doktrin yang membuat telinga saya sedikit panas. birokrasi yang berbelit-belit.

saya jadi kepikiran, bagaimana kalau studi ekskursi ini jadi program mahasiswa aja, bukan dari jurusan??!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s