Akhir Tahun 2010 dan Tahun Baru 2011

Dan saya pun baru menulis lagi…sejak tulisan terakhir saya tentang kuliah semester V, saya tidak menulis lagi karena ada beberapa kesibukan yang tidak mau saya tinggal. Akhirnya, dipenghujung tahun saya baru ada kesempatan untuk menulis. Selama tahun 2010, ada banyak peristiwa yang saya alami. Diantaranya, perpisahanku dengan kakak yang selama 2 tahun sudah menemaniku di STKS Bandung. Kakak wisuda pada tanggal 9 oktober 2010 dan kembali ke kampung halamannya di Batu sangkar, Padang, pada tanggal 13 oktober 2010. Perpisahan itu menjadi satu peristiwa bersejarah dalam hidupku selama 21 tahun. Saya tahu, terlalu bodoh untuk bergantung pada orang lain, karena yang paling tahu tentang diri kita adalah diri kita sendiri tetapi itulah kenyataannya. Ada banyak faktor yang membentuk diri saya hingga saat ini. Saya sangat sedih ditinggalkan di Bandung sendiri oleh kakak. Ya, boleh dibilang, dialah soulmateQ… Sebelum kakak pulang, saya mencoba membuat suatu cerita bersamanya. Mulai dari jalan-jalan, ke toko buku, belanja, belajar bersama, makan, tidur, marah-marahan, sampai kejadian yang membuatnya sangat shock ketika barang kesayanganku diambil orang (yang entah siapa orangnya, yang satu ini, bukan saya yang buat cerita tapi Yang Maha Kuasa yang menentukan jalan ceritanya). Membuat perjanjian pun kami lakukan. Yang pasti, saat-saat terakhir itu yang membuatku tidak akan pernah menyesal telah mengenalnya. Sampai saat ini, dan semoga sampai di akhir hayat, dia akan tetap “menemaniku”.
Setelah perpisahan itu, ternyata saya tidak bisa langsung bangkit. Saya mengakui bahwa disetiap pertemuan pasti ada perpisahan. Tetapi, kehilangan kali ini membuatku sangat terpukul. Cukup lama saya terpuruk. Rutinitasku hanya menjadi “kupu-kupu” alias kuliah pulang-kuliah pulang. Selama kurang lebih 1 bulan, saya hanya di asrama dan kampus saja. Sampai kemudian, saya berpikir (lebay dikit gak papa yah???padahal di bantuin sama dosenku yang baik hati dan tidak sombong da’…hehehe) apa saya harus seperti ini terus. Sementara sebentar lagi praktikum 1 yang membutuhkan banyak persiapan. Akhirnya, saya mencoba untuk bangun. Ada kegiatan yang diadakan oleh Hima Rehsos. Kegiatannya seru, yang pasti ada gamesnya dan gratis (Rehsos gitu loh…!!!). Kegiatannya  hanya satu hari tapi seruuuu pisan. Nah, disinilah awal mula “kebangkitan”ku. Pada pembukaan kegiatan tersebut, Bu Yayuk dan Bu Dorang membuka kegiatan tersebut.

Dosenku tersayang, Bu Dorang selaku kepala Lab Peksos menantang mahasiswa yang akan praktikum 1. Lokasi praktikum 1 adalah Kabupaten Subang. Disalah satu desanya, ada yang tidak ada akses listrik dan akses jalan ke desa itu sangat jelek. “Bagi yang berminat, silahkan menghubungi saya, paling lambat hari senin”, katanya. Nah, saya menerima tantangan itu. Bersama Pak Saleh, Oky, Sandy, Uut, dan K’ Chia, saya terpilih untuk praktikum di sana, tepatnya di Desa Cupunagara. Ternyata, hanya satu RT yang tidak ada listrik teman2. Selama 1 bulan di desa itu, ada banyak pengalaman yang berkesan, seperti melakukan pendataan di dusun yang jaraknya 5 – 8 km dengan berjalan kaki. Pulang dari pendataan melewati hutan dan sialnya itu pukul 7 malam. (kebayang gak siyh, jalan kaki di tengah hutan yang hanya menggunakan senter kecil), makan mie bakso sore-sore, cinlok (tidak termasuk saya loh…), jalan-jalan ke kebun teh, ngaliwet bareng Bu RT dan keributan yang kami lakukan di posko. Dan akhirnya, perpisahan kembali terjadi. Rasanya sangat sedih harus kembali ke bandung dan meninggalkan desa yang sangat asri dan dengan udara yang sangat segar (tidak seperti bandung yang penuh dengan polusi dan sampah).

Setelah praktikum 1 selesai dan kembali ke bandung, kesepian melanda. Teman2 di asrama sudah banyak yang pulang. Seeepiiiiiii banget. Akhirnya, saya lebih banyak ‘nebeng’ nginap di kost-an teman di depan kampus. Yaa, akhirnya, pertemanan yang baru dimulai yang berawal di lokasi praktikum. Saya bertemu dengan Oky yang orangnya supel dan senang bergaul dan Uut yang suka menolong dan super bodor. They are my friends. Mereka yang menemaniku belakangan ini. Makan bareng, nonton bareng, tidur bareng, especially, saling bantu nyusun laporan praktikum. Hahaha (yang ini rahasia yaaah..).

Saat ini, ada schedule padat yang menanti. Mulai dari Capacity Building pada tanggal 31 Desember 2010 yang akan diikuti oleh pengurus Hima Rehsos yang baru. Ujian praktikum 1 tanggal 4 Januari dengan berbagai persyaratan dan ketentuan berpakaian lengkap dengan persiapan ujian (alias belajar belajar dan belajar). Kemah Bakti di Pangalengan yang akan diikuti oleh Mahasiswa dari Korea dan Mahasiswa STKS Bandung khususnya jurusan Rehabilitasi Sosial. Kegiatan ini diadakan selama 10 hari. Yang pasti, insya Allah rame dan seru.

Inilah “segudang” cerita saya di penghujung tahun dan awal tahun. Semoga apa yang saya lakukan tidak sia-sia dan selalu diberkahi oleh Allah SWT. Satu lagi, terpaksa libur semester kali ini, saya tidak pulang kampung dan untung mama mengerti dengan apa yang sedang saya lakukan. Thanks mom…

^_^

Itu aja deh ceritaku dulu.

Salam Peksos…

Wassalam…

6 thoughts on “Akhir Tahun 2010 dan Tahun Baru 2011

  1. yang dilihat adalah nilai yang ada di Ijazah…kalo udah dapat ijazah, nilai di dalam rapor gak diliat lagi karena hasil akhir dian selama sekolah di SMA ada di Ijazah…

    ^_^

    • ouhh, iy d kak.
      Trus gmana dgn bentuk2 soal ny kak ??
      Susah nggak ???
      Klo di STKS , ad jurusan ap aj kak ??

      • soalnya, pilihan ganda…sama aja dengan soal2 tes di sekolah2 lain…kalo kita belajar, pasti mudah…

        sampe angkatan tahun 2008, ada jurusan pengembangan masyarakat dan rehabilitasi sosial. tapi sejak tahun 2009, ada kurikulum baru. jurusan ditiadakan.

        sekedar info, stks itu satu2nya pencetak pekerja sosial profesional…jadi, seharusnya memang tidak ada penjurusan..

  2. ceritax seru… Untk thun ini (2011) aku jg mw dftar di STKS Bandung..INSYA ALLAH,, mdah2an lulus…amienn

Leave a Reply

