Field Trip Rehsos STKS Bandung 2010

Alhamdulillah, salah satu yang membuat saya tertarik untuk masuk jurusan Rehabilitasi Sosial telah terlaksana dengan lancar dan sukses. Diikuti oleh 85 Mahasiswa jurusan Rehabilitasi Sosial dan 8 Dosen pembimbing, antara lain Ibu Krisna Dewi, Ibu Dayne Trikora, Ibu Ayi Haryani, Ibu Paula, Ibu Enung Huripah,  Bpk Sri Widodo, Bpk Adi Fahrudin, dan Bpk Ajat Kurnia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 – 27 Mei 2010 dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat pelayanan Kesejahteraan Sosial, antara lain: BBRSBG (Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita) Temanggung, RSJ Soeroyo Magelang, Lapas Klas II A Wirogunan Yogyakarta, RSU dr. Sardjito Yogyakarta.

Di lembaga-lembaga tersebut, kami melakukan dialog dengan pimpinan dan staf lembaga terutama dengan pekerja sosialnya. Hubungan antara teori yang kami dapatkan di bangku kuliah dengan praktek dilapangan menjadi fokus dari dialog kami.  Selama melakukan kunjungan ini, berbagai hal menarik banyak terjadi mulai dari berkenalan dengan adik-adik penerima manfaat di BBRSBG Temanggung hingga dialog dengan pekerja sosial medis di RSU Sardjito yang cukup seru menjadi kenangan yang tak terlupakan dan sangat bermanfaat bagi kami.

Bagi saya sendiri, kunjungan yang paling berkesan adalah ketika melakukan dialog dengan pekerja sosial medis di RSU Sardjito Yogyakarta.  Pekerja sosial yang disapa mbak ririn dan mbak titin memberikan pernyataan-pernyataan yang membuat kami sangat bersemangat untuk menjadi pekerja sosial yang profesional. Jawaban atas pertanyaan yang kami berikan pun sangat menambah wawasan bagi saya. Saya terinspirasi dengan sosok mbak ririn. Seandainya, profesi pekerja sosial profesional suatu saat bisa di tampilkan di acara Kick Andy, Satu Jam Lebih Dekat, atau Rossy…Semoga saja bisa terkabul…

Selain melakukan kunjungan ke beberapa lembaga yang tadi telah saya sebutkan, kami jyga melakukan kegiatan rekreasi ke Borobudur dan Malioboro. Cuaca di Borobudur ternyata kurang mendukung. Hujan yang cukup deras membuat kami basah kuyup namun tidak mengurungkan niat kami untuk mengelilingi dan ber-eksis ria di candi yang termasuk salah satu keajaiban dunia itu. Keesokan harinya, dihari terakhir, kami jalan-jalan di Malioboro. Salah satu yang sangat saya idamkan adalah makan burung dara goreng ua direkomendasikan oleh kakak saya. Mencari teman untuk makan burung dara tidak sulit namun mencari waktu yang tepat dan tempat yang tepat itu yang sulit. Saya lalu mengajak salah satu dosen pembimbing untuk menikmati burung dara goreng dan saya beruntung, dosenku yang baik hati ini mengiyakan. Setelah berjalan sedikit sambil mencari oleh-oleh titipan orang dirumah, tiba-tiba sang doen pembimbing sudah menelepon meminta saya untuk menyusulnya.Beliau telah duduk sambil menunggu saya untuk memesan makan. Sayangnya, kami hanya makan berdua karena teman-teman yang lain sibuk berbelanja. Alhamdulillah (dalam hati saya ucapkan), perut saya yang sedari tadi keroncongan bisa terisi dengan makanan yang saya idamkan sejak sebelum berangkat Field Trip ini…(hehehe)…

Perjalanan ini sangat berkesan bagi saya. Selain bisa lebih akrab dengan teman-teman jurusan Rehabilitasi Sosial, saya juga merasa lebih dekat dengan dosen-dosen saya. Dosen yang ketika dikelas terkesan “killer”, ternyata bisa diajak bercanda dan karaokean bersama…

Semoga perjalanan ini tidak sia-sia dan memberikan banyak manfaat…Amiin…!!!

Rehabilitation Department is the Best…

SELANGKAH LEBIH MAJU…ALWAYS…!!!

4 thoughts on “Field Trip Rehsos STKS Bandung 2010

  1. Hhmm… Asyiknya yang punya foto-foto,,,🙂
    Sedangkan diriku,,, hanya bisa upload setelah ada tag dari saudara teman sekampus sejurusan hohohhoho😀 (Mulai lebai dech)

    Pastinya selalu seru dan REHSOS selalu selangkah lebih maju dari yang lain,,,,

    Salam semangat selalu Untuk REHSOS kita…. REHSOS untuk semua

    • gak masalah eta mah…yang penting masih punya banyak teman, segalanya bisa mudah kok… (ikutan lebai deh….) hahaha

      eh, ngomong-ngomong ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan soal studi ekskursi loh…

      tapi soal usul pembentukan panitia secepatnya itu bagus juga…

      REHSOS, selangkah lebih maju…S.E.L.A.L.U….

      • He he he,,,,

        Betul betul betul,,, Saya mah nyantai saja lah Lili,,, saya serahkan kepada Panitia Studi Ekskursi yang akan terbentuk nanti,,,

        Daann,,, saya lebih condong ke pendapat kita bentuk Susunan kepanitiaan pada Awal masuk tahun ajaran baru,,, sebelum tanggal 10 Agustus lah, dan mulai detik itu juga silahkan para Panitia Bekerja Keras untuk mewujudkan bentuk Studi Ekskursi yang ideal🙂

      • seeeeettuuuuuuujjjjuuuuuuuuuuuuuu…tapi aku pengenn jadi panitia lagi,..hehehe
        pengen bersibuk-sibuk ria…🙂

        Daann juga…pesertanya juga harus mulai menabung, kalopun gak jadi ke Singapore, paling gak uang jajan jadi banyak…hehehe
        buat wisata kuliner gitcuu…

Leave a Reply

