Menyayangi berarti memahami

Rasa cemburu itu biasa dalam suatu hubungan. Baik antara teman, sahabat, keluarga, apalagi pacar. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Rasa cemburu itu muncul karena adanya rasa tidak ingin di duakan, tidak ingin ditinggalkan, dan yang pasti adalah karena kita menyayangi. Tapi apakah dengan cemburu saja, itu berarti kita disayangi olehnya? Tentu saja tidak. Cemburu yang terlalu berlebihan juga tidak baik loh. Rasa bosan dari pasangan bisa membuat dia meninggalkan kita dan pasti akan sangat sakit rasanya.
Cara lain untuk menunjukkan rasa sayang kita adalah dengan memahaminya. Memahami tentang profesinya, tentang kebutuhannya, tentang privasinya. Sebab manusia memiliki empat zona, yaitu zona sosial, zona pribadi, dan zona intim (yang kedua apa ya???duh, lali). Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa kita ‘korek’ dari dia dan tentu saja dia tidak ingin membaginya dengan orang lain. Menuduhnya sesuatu yang berlebihan tidak menunjukkan bahwa kita memahaminya.
Kecemburuan yang tidak dibarengi dengan memahami itu akan menimbulkan sesuatu yang tidak baik. Ketika kita memahaminya, maka kecemburuan yang membara akan segera padam. Tapi ingat, bahwa memahami tidak sama dengan menerima apa adanya. Dan menerima apa adanya bukan berarti dia menuruti apa yang kita inginkan darinya.
Itu aja yang ingin saya sampaikan. Tulisan ini bukan untuk menggurui tapi hanya sebagai media buat saya untuk bercerita.

6 thoughts on “Menyayangi berarti memahami

  1. Ho ho..,

    mantap blognya lili.., promosi STKS terus biat terkenal-terkenali kodong ini kampus.., kasihan sekali jauh ketinggalan sama PTK lain..,

    dapat darimana jejak blogku teman..??😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s