Model Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan Program Kesejahteraan Sosial

Bagi PPKS masalah emosional, pelayanan kesejahteraan sosial yang diberikan berupa pelayanan konseling yang dilakukan secara langsung oleh lembaga kesejahteraan sosial termasuk lembaga pelayanan publik, lembaga percobaan dan pembebasan bersyarat, lembaga hukum, pendidikan pelayanan sosial, lembaha pelayanan keluarga, lembaga adopsi (panti asuhan), worokshop perlindungan, unit pelayanan sosial di rumah sakit, dan perawatan di rumah. walaupun demikian, di masyarakat, pusat kesehatan mental merupakan sumber utama untuk menyelesaikan masalah emosional ini.

Bentuk pelayanannya antara lain:

  1. Diagnosa awal, pelayanan dan pengembalian ke dalam kelompok (masyarakat)
  2. Letak tempat pelayanan dekat dan mudah dijangkau oleh lingkungan
  3. Pendirian pusat layanan dengan wilayah jangkauan antara 75.000 dan 200.000 jiwa
  4. Ketentuan pelayanan umum memiliki lima komponen, yaitu:

–   Pelayanan pasien

–   Pelayanan pasien luar

–   Pelayanan rumah sakit (pelayanan siang, malam, dan akhir pekan)

–   Pelayanan darurat

–   Konsultasi/penyuluhan

Bagi PPKS masalah kekerasan anak/kealpaan orang tua, fokus dari pelayanan perlindungan anak, antara lain ketentuan pendekatan penyelenggaraan dan pendekatan rehabilitasi. Ketentuan penyelenggaraan fokus pada hukuman terhadap pelaku tindak kekerasan atau kealpaan orang tua, sedangkan pendekatan rehabilitasi fokus pada menolong orang tua dan menjaga keluarga tetap utuh.

Fokus pelayanan perlindungan adalah pencegahan tanpa hukuman dan rehabilitasi. Upaya yang lebih luas adalah mengurangi ketidaknyamanan anak di rumah dengan orang tuanya. Kebanyakan anak yang mendapatkan pelayanan perlindungan tidak meninggalkan rumah mereka. Ketika anak mendapat ancaman, ada prosedur resmi untuk menyelamatkan anak.

Bagi PPKS masalah kejahatan, bentuk pelayanan koreksionalnya antara lain mengedakan pendekatan pelayanan, konseling, keterampilan selama masa hukuman, pelatihan kejuruan, pembebasan bersyarat dan masa percobaan.

Bagi PPKS masalah kenakalan remaja, bentuk pelayanannya adalah dengan memprogram ulang sosial, ekonomi, perundang-undangan, dan lembaga pendidikan, pengujian dan penentuan nilai sosial, dan menyamakan tujuan bangsa/suku.

Bagi PPKS masalah medis, pelayanan medis terdiri atas empat komponen sosial, yaitu dokter praktek pribadi, pengaturan group pasien luar, pengaturan rumah sakit dan pelayanan kesehatan publik,. Pemerintah juga memprogramkan Medicaid untuk menutupi biaya penerima pertolongan dan program Medicare yang menyediakan asuransi kesehatan bagi lansia.

Bagi PPKS masalah cacat mental, bentuk pelayanannya berupa workshop tempat pelayanan, pelatihan kejuruan, pekerjaan tempat pelayanan, pelatihan penyesuaian diri, konseling, pelayanan penempatan, program pendidikan.

Bagi Lansia, bentuk pelayanannya adalah Medicare, penyelamatan dan asuransi kecacatan, penghasilan tambahan, Medicaid, program perawatan di rumah, pengaturan pola makan, program bagi pensiunan(Retired Senior Volunteer Program), program bantuan bagi lansia, program bagi organisasi pensiunan (Service Corps of Retired Executive), pelayanan bagi warga negara lansia dan anak usia dini, harga transportasi khusus dan bangunan, penempatan bagi lansia, pelayanan khusus bagi lansia di bioskop dan tempat lainnya, pelayanan kesehatan rumah, program nutrisi, pelayanan rumah tangga, pusat perawatan harian bagi lansia.

Sumber:      Zastrow, Charles. 1982. Introduction to Social Welfare Institutions. Whitewater: The Dorsey Press

Nb: PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial)

2 thoughts on “Model Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan Program Kesejahteraan Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s