Saya “hanya” Mahasiswa STKS Bandung

Saya berasal dari keluarga yang tidak terlalu kaya, juga tidak terlalu miskin (hahaha  lebay…).  Tetapi saya merasa cukup beruntung. Dari karir ayah saya yang terus menanjak di kala aktif sebagai seorang pegawai negeri sipil, ditunjang dengan kemampuan mama yang mampu menyeimbangi pekerjaan ayah. Selanjutnya, pendidikan dua kakak saya yang selalu diincar oleh banyak orang. Apakah itu?Ya iyalah, STPDN gitu loch…!!!  Saya sendiri, setelah lulus SMA, saya mendaftar di Bintara Polri dan Unhas. Alhamdulillah, saya lulus di Universitas Hasanuddin Fakultas Hukum Reguler Sore. Setahun kemudian, pendaftaran IPDN pun dibuka. Saya mendaftarkan diri dan kabar tentang STKS pun sampai ketelinga saya.

Serangkaian tespun dijalani, baik IPDN maupun STKS Bandung. Dan akhirnya, Tuhan menentukan saya melanjutkan pendidikan di STKS Bandung. Kali ini saya tidak ingin menceritakan tentang apa itu STKS [lagi] tetapi saya hanya ingin berbagi tentang apa yang saya rasakan kuliah di STKS Bandung dan kakak-kakak saya yang kuliah di IPDN. Ya, tentu saja ini tentang membandingkan antara STKS dengan STPDN.

Pada dasarnya, kedua perguruan tinggi ini sama saja. Hanya saja, STKS dibawah naungan Kementerian Sosial sedangkan IPDN dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Sayangnya, pada kenyataannya, ada banyak hal yang membedakan antara IPDN dengan STKS. Mulai dari kedisiplinan, sistem pengasuhan, kegiatan di kampus, di asrama, hormat menghormati, dan lain-lain. Saya sendiri merasakan secara langsung perbedaan itu.

Saya pernah melontarkan sebuah joke kepada kakak saya, yang merupakan alumni STPDN. Saya katakan bahwa STKS dan IPDN itu cuman satu perbedaannya. Kalau IPDN, pantatnya yang besar sedangkan STKS, perutnya yang besar. Kakak saya hanya tertawa mendengarkannya.  Hanya joke ini yang menjadi obat sakit hatiku ketika kampusku seakan-akan dibandingkan.

Ini hanyalah ungkapan rasa kesalku. Namun, perlu teman-teman ketahui, bahwa saya tidak pernah menyesal kuliah di STKS Bandung dan sungguh, kini saya sangat mencintai almamater saya, STKS BANDUNG.

Salam Pekerja Sosial

^_^

8 thoughts on “Saya “hanya” Mahasiswa STKS Bandung

  1. Assalamu’alaikum wr.wb

    Hmm…. Ditulis pada tanggal 14 Juli silam ya Lili :)

    Alhamdulillah, akhirnya bertambah lagi para mahasiswa yang sudah berani mengakui kalau dirinya mencintai STKS dan Pekerjaan Sosial…. Itu sudah menjadi modal dasar yang cukup berarti untuk membangun karirmu kelak di kemudian hari,,,,

    Yuuukkk,, Kita sama-sama terus berjuang, tunjukkan kualitas STKS Bandung dan Pekerjaan Sosial, tunjukkan bahwa kita dibutuhkan dan kita bisa membantu,,,

    Waktu terus berjalan dan kita harus tetap menempa ilmu dan pengalaman praktek kita,,,

    Salam semangat selalu dari AMKMJS dan sampai ketemu di Puncak Kesuksesan seorang Pekerja Sosial :)

  2. kak, ini dian dri pangkalpinang. Tpi skr msih klas 2 SMA. Dian trtarik buat msuk STKS.
    Kak ,, mau nanya. k3 kan mhasiswa ID di STKS. Trus gmana proses2 nya, soal2 test nya sulit nggak?? waktu jaman nya k3 ikut test, yang diterima brapa orang k2 ??
    n bner gak sii, klo yang kbanaykan dterima di ID itu ank2 pjabat ??? Dtunggu jwbnya. Mkasih kak.

  3. hai, dian…wah wah…belajar yang rajin yah…kalo nilainya bagus, mau lanjut sekolah dimanapun dan kerja dimanapun insyAllah tidak akan sulit…
    ^_^

    makasih yah, udah mau mampir disini…
    ^_^

    sy kurang tau proses seleksi di pangkalpinang..gak tau sama atau tidak dengan yang dimakassar…untuk lebih jelasnya, http://lilisariarsyad.wordpress.com/2010/02/21/penerimaan-mahasiswa-baru-stks-bandung/#comment-167
    silahkan baca dari judul sampe komentar yang terakhir, insyaAllah, pertanyaan dian ada jawabannya disana…

    saya tidak memungkiri kalo kbanyakan yang diterima itu anak pejabat…tapi, tidak menutup kemungkinan yang bukan anak pejabat juga bisa lulus loh…
    ^_^

    salam peksos

Leave a Reply

